Kesalahan seorang pemimpin!

bro, katanya kamu juga trainer ma dia ya?
aq bisa minta tlg ga?
karena dia lagi ngedrop akhir2 ne, tlg bgt dunk, kalo pas acara2 training dy “lebih” diperingan, walau setahuku dia ga akan mau, tapi…. minta tlg ya…
sebisanya lah 🙂
thx abis b4
wass

pesan itu ada di salah satu inboxku, friend sori banget buat kalian berdua, aku baru baca setelah pelatihan selesai 4 hari lalu, padahal kamu kirim ini seminggu sebelum pelatihan itu.

Dan apa daya kejadiannya memang hal yang tidak diinginkan terjadi, temanku itu akhirnya ngundurin diri dari tim kami, tanpa menjelaskan ke aku permasalahan intinya. Itu hal yang paling menyedihkan bersama dia. karena aku sama teman-temanku di tim itu sudah berjalan hampir setahun untuk mengelola pelatihan ini tanpa dibayar tetapi dengan niat tulus kami untuk berbagi ilmu dan pengalaman kepada adik-adik kami.

Aku sebagai pemimpin dalam tim ini tidak lagi mampu memberikan yang terbaik buat tim ini, walau aku selalu menggembar-gemborkan ke peserta pelatihan itu untuk menjadi pemimpin yang baik selalu bisa kompak dan saling memahami dalam tim, tapi apa yang terjadi inilah.

Serasa aku blum mampu mampu memahami keluh kesah salah satu anggota timku. Belum mampu menjalan salah satu syarat jadi pemimpin adalah komunikasi.

Seperti inilah pengalaman buruk bagiku yang kembali terulang ketika aku memimpin sebuah bidang di salah satu organisasi, dengan jumlah staf lebih dari 20 orang itu saja, kemampuan komunikasiku ke mereka ternyata tidak sebagus dan seideal yang kuinginkan di awal aku memegang tampuk pimpinan di bidang itu.

Kawan kalo kalian jadi pemimpin, aku ingetin, pemimpin harus mampu memahami anak buahnya, komunikasi tentu kuncinya.

*sekedar berbagi kawan

~ oleh GRaK pada November 26, 2007.

14 Tanggapan to “Kesalahan seorang pemimpin!”

  1. Yah, mudah2an skill komunikasi yang tidak bagus, dapat diimbangi dengan skil2 lainnya yang menonjol….! 🙂

  2. yup sepakat jika komunikasi adalah solusi nya..

  3. Gampang…
    Situ liat doloo hasil dari kepemimpinan situ.

    Kalok menurut situ hasilnya memuaskan, situ ndak usah takut tentang kepemimpinan situ.
    Apapun alasannya, berarti situ berhasil…!!!

    Pegang ini;Kita memang ndak isa memuaskan semua orang, sebab isi kepala tiap orang beda-beda…

    Good Luck…!!!

  4. dulu jaman saya SMA di OSIS suka ditekankan “koordinasi” satu kata tapi susahnya amit2 untuk koordinasi, mungkin koordinasi bagian dari komunikasi juga ya?

  5. Kang Grak, menjadi pemimpin memang banyak tantangannya, yang jelas anda sebagai pemimpin harus terus maju dan bergerak….

  6. dan jangan berlagak jd pemimpin ngga pernah salah, hrus mau mengakui klo emang bikin salah, slama ini yg ada kan pemimpin selalu benar ;))

  7. […] untuk menjadi bijak sana dan bijak sini. 🙂  Sehingga jika jadi pemimpin muda sekalipun, kesalahan pemimpin bisa […]

  8. Yari NK : iyah pak, moga2 terima kasih, moga2 kepemimpinanku di lain kesempatan bisa belajar dari semua ini 🙂

    andibagus : terima kasih mas, sudah berkunjung, moga2 komunikasi tidak putus yah 🙂

    mbelgedez : iyah benar juga, tapi kalo bisa memuaskan semua orang, kenapa tidak bang yah? 🙂

    annots : so pasti! jadi harus tetap diberdayakan tuh komunikasi dalam berkoordinasi.

    kurtubi : terima kasih pak, semoga tantangan itu menjadi pelajaran berharga.

    aprikot : iyah, makanya ini saya mengakui kesalahan, kurang memperhatikan tim saya, secara personal. moga2 menjadi pelajaran 🙂

  9. kurtubi : terima kasih trekbeknya 🙂

  10. betul itu, emang bner2 sulit jadi pemimpin. saya sendiri sekarang diberi amanah untuk memimpin di 5 lini sekaligus. pusiingg… sering juga kacau timnya. Tapi, saya emang udah bertekad bahwa saya gak akan putus. Justru setiap kesalahan kita dalam memimpin akan menjadi pelajaran berharga buat kita, tul gak?

    btw, tukeran link yuk
    kamal87.wordpress.com

  11. Iyah ,betul banget jangan putus asa. Kunci sukses ituh 🙂

  12. iyah tukarlink yah 🙂

  13. sebagai leader, paling baik itu bisa menempatkan posisi:
    1. berada didepan sebagai pemimpin
    2. berada ditengah sebagai sahabat
    3. berada dibelakang sebagai pendukung

    *halah so’ tau*

  14. @ brainstorm : kayak itu pepatah jawa,
    ing ngarso sun tulodo
    ing madyo mangun karso
    tut wuri handayani

    iyah yah?

Tinggalkan Balasan

 
