Pungli sana-sini!

Percakapan telpon gue sama sahabat gue dari Medan yang lagi kuliah jauh dari kota asalnya itu.

“Men, lo punya teman wartawan koran itu gak?”

“emang napa? ada sih, buat apa dulu… ”

“Gini loh men, gue kan diminta sama bapak kostku tadi minta duit buat KIPPEM karena semua pengunjung musiman, kayak kita gini mahasiswa di kota ini wajib berdasarkan PERDA gitu” jelasnya.

“trus masalahnya ya apa?”

“Gini bro, biaya yang dimintai itu loh 20 ribu, padahal menurut aturan perdanya cuman 7.500 rupiah, katanya sih 5.000 buat kecamatan, 2.500 buat biaya capek pembuatanya, 3000 buat kelurahannya, yang 2000 wajar sih bukan untuk KIPPEM itu tapi untuk uang bulanan RT/RW” jelasnya.

“wah, pelanggaran itu, setauku kalo sudah ditetapkan di PERDA, mestinya sudah dianggarkan untuk biaya-biaya sampe kepada orang yang mengurusnya” heranku.

“gimana bro, punya teman wartawankan, coba deh di ulas jadi beritanya, padahal hari kemarin loh koran itu ngomong kalo biaya KIPPEM cuman 7.500 rupiah berarti sudah melakukan pembohongan publik ini” jelasnya.

“iya bro, aku ngerti tapi dia bukan wartawan bagian itu, coba deh kamu tulis di bagian “pendapat masyarakat” dll, tapi ntar gue coba tanyain deh, bisa apa ngak dia ulas beritanya” jelasku juga.

Oalah pungli sana-sini, yang selalu ada dan tidak mungkin untuk dibasmi, ya ngak?

NB : setelah menggunakan bantuan OM Google, KIPPEM adalah nama jadul dari SKTP (Surat Keterangan Tinggal Sementara).

Iklan

~ oleh GRaK pada November 15, 2007.

26 Tanggapan to “Pungli sana-sini!”

  1. yes, vertamaxxx….
    :mrgreen:

  2. hampir 3 kali lipat??
    gile..

  3. morishige :
    thx dah membuang2 bahan bakar di sini 😀

    iyah gile, yah gimana gimana pungli sana sisi.. gitu deh 😀

  4. Hmmm, mending di kirim ke media sebagai surat pembaca aja, biasanya lebih manjur lagi kalo ngirimnya ga cuma di satu koran tapi 2 atau lebih. Trus kalau perlu sebutkan juga nama daerahnya, syukur-syukur kalau ada data pendukung seperti kroscek ke kecamatan apa benar ada pungutan untuk buat KIPPEM? Kalau ga ya kirim trus berdoa, semoga si petugasnya mbaca koran itu, dijamin proses pengurusan berikutnya bakal dipermudah persulit 😆

  5. daerah mana sih? sampe segitunya! dah.. kirimin aja ke koran surat pembaca? ntar terkenal lho! 😀

  6. pungli mah susah dibasmi…
    duit lagi yang dibahas…

  7. annots : okeh ntar temanku gue suruh ngirim ke surat pembaca. Sama data-datanya. thx sarannya 🙂

    benbego : okeh deh, tapi moga bukan gue yang terkenal tapi semua orang bisa merasa nyaman aja.

    moer : hahaha, trus apa dong yang dibasmi? he3x 🙂

  8. iya, kirim aja ke surat pembaca 😀

  9. caplang™ : iya bung caplang 🙂

  10. Hehehehe ternyata nilai2 luhur Pancasila benar2 sudah “diterapkan” dalam kehidupan sehari2
    Apa yang terjadi tsb merupakan perwujudan sila ke-5, “Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”

    Masak yang “boleh” korupsi hanya mereka2 yang di atas? Yang jajaran bawah mestinya “boleh” korupsi juga dunk. Itu baru namanya adil …

    *miris*

  11. huh, pungli! ga mati2… :d

    *thanks dah mampir ke “senandung” pribadiku

  12. Lam kenal,

    3x lipat seh bukan pungutan liar lagi, pungutan brutal:(

  13. Ah cuman segitu aja… duit kecil 😀
    (lari…. sebelum dipentungi sama orang2 anti pungli)
    hahaha…

  14. KIPPEM ky nya gak begitu guna

  15. Pungli sepertinya memang sudah menggurita di segala aspek kehidupan orang Indonesia.. 😛
    *halah.. Ngomong apa aku ini..

  16. weleh-weleh kok parah amat punglinya…. 😦

  17. weh.. masih ada tho?
    heran!

  18. pungli mah emang ga ada mati-nyaaa

  19. deking : hem satire yang moga menggerakkan hati-hati para pejabat dan orang-orang yang melakukan pungli.

    yati : terima kasih juga.
    namanya pungli, apa karena kita negara miskin saling menggerogoti gitu 😦

    Um Ibrahim : salam kenal juga. benar pungutan brutal…

    alief : sekecil apapun jika tanpa alasan jelas tentunya akan memberatkan 😀

    alle : berguna ketika ada satpol PP razia hihihi 😀

  20. qzink666 : yup benar sekali… apa perlu digaji tinggi kali ye 😀

    Nanang Suryana : *tarik napas* emang demi kesejahteraan kantong kali.

    peyek : di tempat sampeyan udah ngak ada yah? salut kalo gitu 🙂

    aprikot : nah harus kita matikan nih dari sekarang.

  21. hah…emang fungli dimana-mana skarang ini, afa aja yang bisa difungut, ya difungut.. *menggebu-gebu*

  22. iyah cafek juga membahasnya yah 🙂
    selalu ada 😀 miris bgt

  23. […] akhi berdua berbelok untuk menghindari polisi takut pungli kali ya..?? , makanya gambar yang ditangkep pun sangat bergoyang dan mustahil ditangkap dengan […]

  24. tekbek.. 😀

  25. […] akhi berdua berbelok untuk menghindari polisi takut pungli kali ya..?? , makanya gambar yang ditangkep pun sangat bergoyang dan mustahil ditangkap dengan […]

  26. trekbek dari celo lagi 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: